1. Konsep Bisnis
Makanan adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup, selain sandang (pakaian) dan papan (rumah). Manusia membutuhkan makanan berat rata-rata tiga kali sehari demi mencukupi kebutuhan energinya untuk beraktivitas. Dan kadangkala masyarakat tidak berada di rumah pada saat mereka merasa lapar, dan memilih untuk makan di luar seperti di kedai, di pinggir jalan, warteg atau restoran.
Selain makanan berat manusia juga membutuhkan makanan ringan untuk menahan lapar, misalnya ketika mereka berada di saat-saat tidak dalam jam makan. Biasanya yang dipilih untuk menahan lapar tersebut adalah roti, snack, atau cemilan yang bisa dinikmati rasanya. Saung Koki Gaul (atau bisa disingkat menjadi SKG) adalah konsep saung (kedai: bahasa Sunda) yang menyediakan aneka makanan ringan dan cepat saji dengan tempe sebagai bahan utamanya dengan harga bombastis yaitu burger dan pizza Rp.5000. Lalu minuman seperti teh, cappucino cincau, kopi, dan andalan kami rujak ice cream serta fasilitas free hot spot yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama di kedai ini. SKG menawarkan pengalaman makan makanan ringan ala western dengan harga lokal, dilengkapi suasana santai dengan bentuk saung (kedai).
Peluang membuka kedai makanan ringan di sekitar kampus masih sangat tebuka, karena tempat sekitar kampus merupakan populasi tempat tinggal mahasiswa yang notabene menyukai aktivitas berkumpul bersama kawan-kawan mereka sambil menyantap makanan ringan disertai minuman. Kedai ini juga bisa menjadi tempat untuk janjian, menunggu orang, chatting dan browsing internet maupun diskusi. Karena dilengkapi fasilitas free hot spot dan harga makanan dan minuman yang sangat terjangkau bagi kalangan mahasiswa.
Adapun hal-hal yang ditawarkan untuk membedakan antara SKG dengan kedai-kedai pada umumnya adalah:
1. Makanan ala barat (burger, sosis & pizza) harga harga mahasiswa.
2. Minuman ala kafe (kopi & jus) dengan harga mahasiswa.
3. Layanan konsumen yang lebih akrab oleh sesama mahasiswa.
4. Pembelian bisa take away (beli untuk dibawa pulang).
5. Desain kedai yang nyaman untuk dijadikan tempat berkumpul.
6. Free hot spot area.
Tahap awal dari Saung Miss Gaul ini adalah membuka gerai seluas 10x10 meter atau 100 meter persegi. Lama kelamaan target jangka panjang yang ingin dicapai adalah membuka kedai-kedai di daerah sekitar kampus lain.
2. Pasar yang Diharapkan
Pasar sasaran dari kedai Saung Koki Gaul (SKG) ini adalah para mahasiswa, pelajar yang ada di lokasi setempat, dan penduduk setempat baik anak-anak, remaja ataupun dewasa. Karena produk yang ditawarkan memang cocok untuk berbagai kalangan, namun lebih diseting khsus untuk diminati oleh mahasiswa. Lokasinya pun memang bertempat di sekitar kampus yang notabene populasi tempat tinggal (kost dan kontrakan) mahasiswa.
Bisnis ini berharap tingkat pembelian ulang oleh konsumen cukup tinggi. Dan konsumen yang berdatangan akan terus-menerus datang ke kedai ini dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.
3. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran sebagai permulaan bisnis ini dengan memperkenalkan merek, mengundang konsumen, meningkatkan pembelian dengan berbagai promosi. Area pemasaran utama adalah di sekitar lokasi kampus E Universitas Gunadarma yang terdapat banyak mahasiswa berlalu lalang.
Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami melalui sejumlah media baik elektronik, cetak, iklan di radio maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membuka semacam on-line shop di berbagai jaringan sosial yang kini marak di dunia maya, serta melalui blog dan jejaringan sosial facebook/twitter. Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat pamflet, serta mengiklankan produk kami di media massa. Promosi dari mulut ke mulut kami lakukan dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok mahasiswa seperti di kampus, dan perusahaan.
4. Produk yang Ditawarkan
SKG menawarkan makanan ringan cepat saji dengan bahan utama tempe yaitu ;
- Burger Tempe
Burger dengan cita rasa khas Indonesia ini menjadi menu andalan Saung Koki Gaul. Daging burger yang biasanya terbuat dari daging sapi diganti dengan tempe makanan khas Indonesia. Rasanya pun tidak kalah dengan burger yang biasanya. Porsinya yang pas dan harganya pun cocok untuk kantong mahasiswa
- Pizza Tempe
Selain burger tempe, ada juga makanan makanan ala western yang diganti dengan tempe sebagai bahan utamanya yaitu pizza tempe. 1 loyang Pizza tempe ini cukup bisa dinikmati dengan bersama sama ataupun sendiri.
- Sosis TempeAda juga nih sosis tempe. Sosis yang diolah dari kacang kedelai yaitu tempe mempunyai rasa yang beda dari sosis biasa lainnya. Sosis ini dapat dibakar maupun digoreng sesuai permintaan konsumen. Rasanya pun dapat di padu padankan dengan rasa rasa yang lainnya sesuai selera.
- Rujak Ice Cream

Rujak makanan khas Indonesia dicampur dengan dinginnya ice cream. Manis, asem, asinnya rujak ditambah dinginnya ice itu membuat rasa yang meletup meletup di lidah. Buah jambu, nanas, bengkoang dan lainnya semakin nikmat jika dicampur ice cream saat memakannya. Jadi memakan ice cream itu juga bisa menambah kesehatan karna dicampur dengan bermacam buah alias rujak buah
- Donat Madu dan Donat Ice Cream Madu
Donat itu identik dengan rasa manis dan penuh dengan gula. Namun penggunaan gula berlebihan itu dapat membahayakan kesehatan. Maka dari itu Saung Koki Gaul menyediakan donat yang sehat. Donat yang gulanya diganti dengan madu. Rasanya tetap manis namun menyehatkan. Donat ini juga dihias dengan berbagai macam topping bahkan ada yang ditambahkan ice cream di tengah lubangnya.
Selain menu menu andalan diatas, Saung Koki Gaul juga menyediakan berbagai menu yang lainnya seperti :
- aneka kentang goreng, yaitu kentang goreng crispy, kentang biasa dengan berbagai macam rasa (original, balado, pedas, dan barbeque)
- Chicken fried rice
- BBQ fried rice
- Cheese fried rice
- Spagheti Bolognaise
- Rice burger mushroom
- Rice burger tempe
- Cream soup asparagus
- Cream soup mushroom
- Corn soup
- Iced mango squash
- Iced lime squash
- Iced lychee squash
- Iced melon squash
- Iced orange squash
- Iced frambors squash
- Soda gembira
- Kopi dengan berbagai rasa. yaitu kopi hitam, kopi susu, espresso, white coffee, dan lain lain
- .Teh berupa es teh manis, teh manis hangat, dan teh tawar
- Air Mineral
5. Target Profit (Keuntungan)
Biaya untuk pengadaan modal awal usaha ini adalah Rp.25.000.000. Yang terdiri dari sewa tempat 1 tahun, bahan baku selama 20 hari kerja (satu bulan), peralatan, promosi, dan gaji 5 orang karyawan. Kemudian target keuntungan perbulannya atau laba bersih sekitar Rp.5.000.000 - Rp 10.000.000. Jadi kemungkinan kembali modal sekitrar 2,5 bulan sampai 5bulan.
6. Prospek di Masa Depan
Kedai ini rencananya akan dibuka di sekitar Kampus E Universitas Gunadarma yaitu di Jalan Akses UI, Kelapa Dua, Cimanggis . Rencana jangka menengahnya adalah melakukan ekspansi di sekitar kampus Universitas Pancasila. Lalu Rencana jangka panjangnya membuka gerai di berbagai lokasi kampus di kota-kota di seluruh Indonesia.
Saung Koki Gaul juga nantinya akan bereksperimen untuk menemukan menu-menu makanan dan minuman baru agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar